Apakah Pompa Hidroponik Harus Menyala 24 Jam?

Apakah Pompa Sirkulasi Hidroponik Harus Menyala 24 Jam?

Jawab: Tergantung jenis dari metode hidroponik yang dipilih. Beberapa metode hidroponik butuh pompa 24 jam, beberapa hanya butuh 12-16 jam, dan bahkan ada yang tidak membutuhkan pompa sama sekali!

 

Berikut ini beberapa metode hidroponik yang umum, dan kebutuhan pompa sirkulasi.

  1. Metode Sumbu (Wick System). Tidak diperlukan pompa sirkulasi. Dengan metode ini, sumbu berfungsi untuk menyerap cairan nutrisi dari bak penampung. Akar tanaman akan bersentuhan dengan sumbu, sehingga selalu bisa menyerap nutrisi
  2. Metode Deep Flow Technique (DFT). Pompa sirkulasi dibutuhkan 12-16 jam. Hal ini karena ketika pompa mati, masih ada nutrisi hidroponik yang tersisa disekitar akar tanaman.
  3. Metode Pasang Surut (Ebb and Flow). Pompa sirkulasi dibutuhkan 24 jam, tetapi tidak terus menerus. Pompa sirkulasi dengan teknik hidroponik ini biasanya menyala dan mati dalam interval tertentu (misalnya, 5 menit menyala, 5 menit mati)
  4. Metode Film Tipis (NFT, Nutrient Film Technique). Pompa sirkulasi dibutuhkan 24 jam. Apabila pompa mati dalam waktu cukup lama, maka tidak ada nutrisi hidroponik yang tersisa di akar tanaman.

Tinggalkan Balasan