Kebun Pamulang merupakan proyek Kebun Teras yang pertama. Kebun ini terletak di teras rumah kami di daerah Pamulang. Oleh karena itu Kebun Pamulang bisa dengan mudah diawasi setiap saat, sehingga cocok menjadi kebun percontohan.

Kebun Pamulang mulai beroperasi di bulan Februari 2015, dengan sistem hidroponik metode sumbu yang bisa menampung 9 buah tanaman. Saat ini, Kebun Pamulang menggunakan metode hidroponik Deep Flow Technique (DFT) menggunakan pipa PVC.

Sementara hidroponik sistem sumbu masih digunakan untuk percobaan tanaman baru.

Sebagai kebun percontohan, Kebun Pamulang menggunakan tenaga surya sebagai sumber daya pompa sirkulasi untuk DFT. Pompa sirkulasi langsung terhubung dengan panel surya, sehingga hanya menyala di siang hari ketika ada sinar matahari. Pompa mati pada malam hari, akan tetapi sistem DFT menyisakan air di dalam pipa PVC, sehingga akar tanaman tetap terendam.

Pengembangan selanjutnya dari Kebun Pamulang adalah dengan penambahan sistem kontrol dan pengawasan elektronik, sehingga kebun-kebun lainnya yang terletak lebih jauh dapat diawasi dengan lebih mudah.

Untuk update dari Kebun Pamulang bisa dilihat pada tautan berikut.