Pengaruh Lumut Terhadap Tanaman Hidroponik

Q: Apakah lumut berpengaruh terhadap tanaman secara hidroponik? Bagaimana cara mengatasinya?

A: Lumut adalah sejenis tanaman yang biasanya tumbuh di tempat lembab yang terkena sinar matahari. Sebagai sejenis tanaman, lumut tentu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman hidroponik. Lumut akan ikut menyerap nutrisi hidroponik, sehingga menyebabkan tanaman sayur menjadi kekurangan nutrisi. Efek samping lainnya, nutrisi hidroponik akan cepat habis.

Menutup bak penampung (Warna hijau di sisi kiri bawah) bisa mencegah lumut, sekaligus mengurangi penguapan cairan nutrisi

Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah, meluputi pencegahan dan pembersihan. Pencegahan bisa dilakukan dengan:

  1. Menutup bak penampung. Cairan nutrisi dalam bak penampung, yang penuh dengan unsur hara, akan menjadi rangsangan yang tepat untuk pertumbuhan lumut di dinding bak penampung.
  2. Menggunakan selang berwarna hitam. Sama seperti bak penampung, cairan nutrisi yang mengalir di selang akan merangsang pertumbuhan lumut di dinding selang. Dengan menggunakan selang berwarna hitam maka sinar matahari tidak bisa menembus masuk.
Perbandingan saluran hidroponik sebelum dan sesudah dibersihkan

Bagian lainnya yang suka ditumbuhi lumut adalah di pipa paralon sekitar akar tanaman. Sinar matahari menembus celah-celah antara net pot dan pipa PVC, merangsang pertumbuhan lumut. Untuk yang satu ini, pertumbuhan lumut dapat diatasi dengan melakukan pembersihan rutin. Industri hidroponik komersial skala besar melakukan pembersihan saluran hidroponik setiap selesai panen. “Tanaman jadi lebih subur”, menurut salah seorang praktisi hidroponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *