Terkadang, cara yang paling baik untuk belajar sesuatu adalah dengan memulainya, melakukan kesalahan, dan memperbaikinya

Jawaban saya kepada beberapa orang yang bertanya cara memulai menanam secara hidroponik selalu sama: Mulai saja dulu. Jawaban ini adalah refleksi bagaimana saya memulai tanaman hidroponik: dengan mencoba, melakukan kegagalan, dan belajar dari kegagalan itu.

Untuk memulai menanam secara hidroponik tidak susah dan mahal. Banyak starter kit hidroponik yang dijual di toko online dengan harga antara 100-200 ribu (diluar ongkir). Starter kit ini sudah dilengkapi dengan media tanam berupa rockwool, bibit tanaman, pot kecil, sumbu, nutrisi hidroponik dan buku petunjuk.

Di dalam starter kit hidroponik sudah terdapat net pot, sumbu, media tanam workwool, nutrisi hidroponik dan bermacam-macam bibit tanaman

Kit hidroponik sistem sumbu ini cukup sederhana, karena tidak memerlukan listrik atau pompa. Karena isinya cukup lengkap, maka kita tidak dipusingkan dengan mencari media tanam, nutrisi hidroponik, atau nutrisi. Yang perlu dilakukan tinggal mencari tempat yang terkena matahari langsung, tetapi tidak kena hujan.

Dengan memulai dari kit sederhana, maka kita bisa segera mencoba, dan merasakan apakah tanaman hidroponik sesuai dengan minat kita atau tidak. Apabila sesuai dengan minat kita, maka baru kita mulai dengan kit yang lebih kompleks dan lebih besar.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera cari starter kit hidroponik di Tokopedia atau Bukalapak, dan mulai menanam sayuran hidroponik untuk hidup yang lebih sehat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.